Rabu, 15 Mei 2013

Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Cibaregbeg (Review Jurnal)

Perkembangan teknologi informatika telah memunculkan berbagai aplikasi baru termasuk dalam bidang kesehatan. Pada bidang ini teknologi informasi digunakan sebagai sarana pencatatan data terkomputerisasi yang disebut dengan istilah Sistem Informasi. Konsep sistem informasi ini telah menyediakan kemudahan bagi masyarakat atau penggunanya yang pencatatan, penyimpanan, pencarian dan penyampaian informasi yang cepat, tepat dan akurat
Dalam tugas akhir ini dibahas pembuatan sistem informasi untuk puskesmas yang membantu dalam proses pencatatan pelayanan kesehatan dengan menggunakan teknologi komputer. Sistem informasi ini dibangun dengan tujuan untuk membantu dalam pencatatan dan memberikan kemudahan dalam proses pencarian data dan pembuatan laporan dengan menggunakan sistem komputer dan database sebagai sarana penyimpanan data yang sangat banyak.
Berdasarkan hasil penilaian pengguna terhadap aplikasi pada pengujian yang dilakukan di lapangan diharapkan sistem ini mampu menangani permasalahan-permasalahan yang ada serta memberikan kemudahan bagi pengguna atau pegawai puskesmas tersebut dalam proses pencatatan, penyimpanan, dan pencarian data yang tepat, cepat dan akurat.
Perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi di dunia modern ini sangatlah pesat sehingga suatu instansi atau perusahaan tidak terlepas dari penggunaan komputer sebagai alat bantu pengolahan data yang canggih. Salah satu pertimbangan suatu perusahaan dalam penggunaan komputer diantaranya adalah dapat tersedianya data yang dapat memberikan informasi yang handal, cepat, akurat, dan tepat waktu. Cara-cara manual mungkin saja masih dapat dipergunakan apabila data yang diolah masih sedikit.
Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara terhadap salah satu puskesmas di Cianjur yaitu Puskesmas Cibaregbeg, makin lama makin dirasakan bahwa pengolahan data dengan cara manual semakin banyak menunjukkan kelemahan. Tentu saja sumber daya manusia yang mengolahnya akan merasakan kejenuhan dan selanjutnya informasi yang dihasilkan menjadi tidak akurat lagi. Selain itu, keterlambatan informasi yang diperlukan dapat menyebabkan tertundanya pencapaian tujuan dan akhirnya akan memperlambat perkembangan.
Karena pencatatan masih dilakukan secara manual, maka pembuatan laporan juga masih dilakukan secara manual dari mengumpulkan berkas-berkas, arsip, catatan-catatan kertas harian yang direkap berdasarkan jenis laporan yang akan dibuat sehingga penyampaian laporan ke dinas kesehatan menjadi sering terlambat.
Oleh karena itu, berdasarkan latar belakang diatas maka Puskesmas Cibaregbeg bermaksud membangun Sistem Informasi Puskesmas Cibaregbeg yang sesuai dengan kebutuhan Puskesmas Cibaregbeg itu sendiri yang nantinya diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan bebagai macam masalah yang di hadapi sehingga terciptalah kinerja yang efektif dan efisien dalam pelayanan kesehatan masyarakat.


Sumber : http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-gilargumil-15658&newlang=indonesian&newlang=indonesian

0 komentar:

Posting Komentar