Kamis, 16 Mei 2013

Discussion Questions




Discussion Questions :
  1. What is your assessment of this situation ? what are the physician group’s possible reasons for deciding to proceed on an independent path ? 
  2. If you were the CEO, what steps would you take to bring the hospital and physician group IT plans back into alignment ? Should the EMR effort proceed or wait until the CPOE initiative is complete ? Should you require that both systems come from same vendor ? 
  3.  The LWMC board is concerned that the physicians are being naïve about the challenges of EMR implementation, have established no measurable goals for the system, and have only weak incentives to make the implementation successful. How would you address these concerns ?
Answers :
  1. Situasi ini adalah dimana adanya ketidakselarasan antara LWMC yang merupakan sebuah rumah sakit dan WMS yang merupakan organisasi dibawah LWMC yang anggotanya merupakan perwakilan-perwakilan komite sistem informasi dari sistem CPOE pada rumah sakit yang telah diputuskan melelui analisis dan strategi organisasi. Tetapi, dokter-dokter dari WMS ingin menerapkan sistem EMR / Elektronik Medical Record, pihak competitor mengalami kesulitan dalam penerapan sistem ini sehingga membuat WMS terhambat. Pihak WMS ingin mengembalikan sistem penerapan EMR tetapi tidak mengikuti LWMC dan staf IT menolak teknik dan saran CIO. Alasan yang memungkinkan dari kelompok dokter-dokter dalam pemutusan proses secara independen :
  • Alasan yang memungkinkan yaitu mereka menganggap sistem EMR lebih mudah diterapkan pada proses pelayanan kesehatan daripada CPOE system 
  • Sistem EMR mungkin lebih dianggap sesuai, diterapkan pada proses pelayanan kesehatan 
  • Sistem CPOE mungkin lebih sulit diterapkan butuh penyesuaian sehingga lebih membutuhkan waktu dan biaya lebih  
2. Jika saya seorang CEO :
  • Menyelenggarakan pertemuan / diskusi antar dokter, pihak IT, pihak administrasi mengenai sistem yang akan diimplementasikan dan memutuskan sistem apa yang paling sesuai untuk ditetapkan pada proses pelayanan kesehatan rumah sakit 
  • Memberikan pengetahuan / pelatihan kepada pihak terkait yaitu dokter, IT dan lain-lain agar mereka mengerti dengan sistem ini sehingga tidak terkesan sulit 
  • Meninjau permasalahan-permasalahan yang dialami oleh pelaksana sistem dan petugas dan penyedia agar dapat dianalisis dan diambil solusi dan melakukan suatu perencanaan untuk perbaikan sistem yang ada disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai
3. Seharusnya dokter-dokter yang ada disana melakukan sesuatu hal untuk menggerakkan rekam medic elektronik agar penggunaan sistem ini bisa efisien dan efektif. Untuk pengolahan data pasien dapat dilakukan : 
  • Melakukan pelatihan dalam menggunakan rekam medik elektronik agar SDM yang ada di instansi tersebut dapat menggunakan sistem rekam medik elektronik secara baik.
  •  Membuat suatu bagian tersendiri yang ada di instansi tersebut agar sistem ini dapat dikelola secara benar dan efektif.

0 komentar:

Posting Komentar